Komunikasi dalam organisasi
dilakukan untuk menjalin hubungan dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Komunikasi organisasi internal merupakan
komunikasi dengan publik internal organisasi, dapat dilakukan melalui
komunikasi vertikal dan horizontal. Komunikasi eksternal merupakan komunikasi
dengan publik eksternal organisasi seperti masyarakat, pemerintah, dan lain
sebagainya. Lazimnya sebuah organisasi dipimpin oleh pemimpin yang memiliki gaya
kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung dari organisasi yang dijalankannya. Sebuah
organisasi tentu memiliki saluran komunikasi untuk mempermudah operasional.
Saluran komunikasi ini menghubungkan satu anggota organisasi dengan yang
lainnya. Hal ini dikenal dengan jaringan komunikasi, jaringan komunikasi
memiliki berbagai model yang menghubungkan satu anggota dengan anggota yang
lainnya.Poin-poin materi yang dibahas
dalam buku ini meliputi: Komunikasi Organisasi; Arus Pesan Komunikasi
Organisasi; Iklim Komunikasi Organisasi;Budaya Organisasi; Gaya Kepemimpinan; Jaringan Komunikasi; Saluran dan
Media Komunikasi dalam Organisasi. //ir