Mengingat pentingnya bagi praktisi PR untuk menempuh
proses komunikasi yang menjangkau semua publik kunci oragnisasi, termasuk
publik yang tersebar di berbagai tempat yang tidak mungkin disampaikan secara
lisan (oral communication). Saluran komunikasi yang dapat digunakannya berupa
media yang diterbitkan organisasi dan media massa seperti surat kabar, majalah,
situs oragnisasi, hingga radio dan televisi. Dengan demikian, memiliki
keterampilan menulis yang baik dan benar sesuai ragam bentuk tulisan dan
karakteristik media yang digunakan sangat penting bagi praktisi PR dalam
menunjang kegiatan-kegiatan mereka. Terampil dalam menulis beragam bentuk
tulisan yang berorientasi pada pencapaian tujuan-tujuan organisasi merupakan
tuntanan profesional bagi setiap praktisi PR. Harapannya, dengan proses
komunikasi tertulis itulah tujuan-tujuan oragnisasi lebih terwujud melalui
pembentukan opini publik atau citra organisasi yang positif. Buku Public
Relation Writing: Konsep, Teori, Praktik ini menyajikan secara lengkap ragam
bentuk penulisan yang dibutuhlan boleh para praktisi PR prfesional sekaligus
jenis media yang digunakannya. //ir