Buku edisi kedua ini mencakup beberapa hal baru. Pertama, buku ini lebih banyak perhatian diberikan terhadap pembahasan yang menyangkut media elektronik baru dan implikasi perubahan teknologi komunikasi terhadap teori komunikasi. Kedua, terdapat sejumlah ilustrasi baru yang disajikan sebagai ringkasan dari bagian-bagian teori yang penting. Ketiga, semakin banyaknya penekanan yang diberikan pada evolusi teori media normatif yang digunakan untuk menguji "prestasi media". Buku ini terbagi menjadi sepuluh bab pokok pembahasan, yaitu Munculnya Media Komunikasi Massa, Konsep dan Definisi, Teori Media dan Komunikasi Masyarakat. Penerapan Teori Media: Kekuasaan, Integrasi dan Perubahan, Teori Normatif tentang Struktur dan Penampilan Media, Produksi Budaya Media: Institusi, Organisasi dan Peran Media. Isi Media: Analisis, Refleksi Realitas, dan Ragam Gaya. Audiens Media, Proses Dampak Media, Teori Komunikasi Massa: Sebuah Catatan Tentang Masa Depannya. //yn