Buku

Filsafat Komunikasi: Tradisi dan Metode Fenomenologi

Abstraksi
Fenomenologi, termasuk “Fenomenologi Komunikasi” yang ditulis oleh Alex Sobur dalam buku ini-paling tidak-dapat menggambarkan sebuah sejarah filsafat atau Gerakan filosofis yang paling signifikan dari abad ke-20. Buku ini menampilkan gagasan-gagasan fenomenologi awal Husserl sejak permulaan abad ke-20 sampai Luckman yang dianggap mutakhir. Perkembangan fenomenologi sedemikian popular sehingga mendapat reaksi yang terus berubah dan diubah, berkembang dan dikembangkan, dalam penelitian-penilitian ilmu sosial, termasuk bidang sosiologi, psikologi, psikologi sosial, pendidikan, ilmu Kesehatan, dan ilmu komunikasi. Fenomenologi dapat dikatakan sebagai sebuah “ideologi” baru dalam penelitian ilmu sosial yang mampu dijadikan sebagai pendasaran atas hampir semua mazhab pemikiran ilmu sosial. Dari sudut pandang ni, Langkah kea rah penerapan fenomenologi sebagai metode kualitatif dalam penelitian sosial terus “diperbaiki” melalui konstruksionisme sosial dari Berger dan Luckman,  atau interaksionalisme sosial dari Blumer, dan lain-lain. Pada aras inilah dapat dikatakan bahwa tidaklah mengherankan jika pada umumnya para ilmuwan sosial, terutama sosiologi, antropologi, psikologi, dan kini ilmu komunikasi, memandang fenomenologi “sebatas” dijadikan sebagai salah satu jenis metode penelitian kualitatif. Bahkan, ilmu komunikasi menjadikan fenomenologi sebagai salah satu dari tujuh tradisi perspektif teoretis ilmu komunikasi. Artinya, disiplin ini menjadikan fenomenologi sebagai sumber inspirasi pengembangan teori-teori komunikasi (Craig,2007).//yn
Seri
Catatan
Pembelian TahunbAnggaran 2018, buku diterima tanggal 28-06-2018, sebanyak 2 eksemplar
Pembelian Tahun Anggaran 2020, buku diterima tanggal 17-12-2020, sebanyak 2 eksemplar
ISBN978-979-692-155-3
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000019324 13-10343-1 C Ada
2 0000019325 13-10343-2 C Ada
3 0000020314 13-10343-3 C Ada
4 0000020315 13-10343-4 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Alex Sobur Penulis
No Subyek
1 FILSAFAT KOMUNIKASI
No Kata Kunci
1 FILSAFAT
2 FILSAFAT KOMUNIKASI
3 KOMUNIKASI
4 METODE FENOMENOLOGI
5 TRADISI
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitRemaja Rosdakarya
Kota TerbitBandung
Tahun2014
Call Number302.401 ALE f
Kolasixxv+485 hlm.; 15x5x24 cm.; Cet. 2
Edisi-
BibliografiAda
Halaman463
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks4
Kembali