Buku ini ditulis untuk mendukung pengembangan pembelajaran komunikasi organisasi di universitas dan perguruan tinggi. Materi buku ini disusun dengan pendekatan strategi dan kompetensi dengan tujuan untuk mengembangkan dan pendalaman pemahaman tentang prinsip-prinsip, strategi, dan teknik-teknik peningkatan efektivitas sistem komunikasi dan kinerja organisasi. Isi buku terdiri terdiri dari empat bab meliputi pendahuluan, berisi pengertian tentang organisasi dan komunikasi, kelekatan hubungan konseptual maupun operasional, komunikasi organisasi, perkembangan teori, sistem, dan fungsi komunikasi organisasi dan implikasi kompetensi komunikasi. Cakupan isi yang cukup luas membawa konsekuensi bahwa pembahasan masing-masing konsep, teori dan topik dibuat cukup singkat dan dimaksudkan sebagai pembangkit motivasi, yaitu supaya pembaca terdorong untuk mempelajari lebih jauh karya-karya para ahli-baik dalam bentuk buku dan artikel jurnal-yang nama-namanya tercantum dalam daftar referensi.//yn