Demikian lengkapnya kajian dalam buku ini sehingga mulai
dari konsep sampai dengan bagaimana menyusun proposal hingga pelaporan,
diharapkan mampu menjadi salah satu kekayaan referensi buku-buku metode
penelitian ilmu komunikasi. Buku ini menyuguhkan bahasan mulai dari: 1) Akar
Filsafat Penelitian; 2) Ilmu dan Penelitian Ilmiah; 3) Perumusan Masalah; 4)
Teori, KerangkaPemikiran dan Hopotesis;
5) Objek, Metode, Desain; 6) Operasionalisasi Variabel; 7) Sampling; 8) Pengumpulan
Data dan Instrumentasi; 9) Analisis Data dan Pengujian Hipotesis; 10)Pembahasan, Simpulan, Referensi, dan Lampiran;
11) Menulis Proposal Kuantitatif riset Komunikasi; 12) Beberapa Aliran
Kuantitatif dalam Ilmu Komunikasi, Landasan Praktis; 13) Teori-teori Komunikasi
Bermazhab Kuantitatif. //ir