Buku ini berisi pembahasan tentang Siaran Pers yang disoroti dari ilmu tingkah laku (Behavioral Sciences) Dalam buku ini terdapat hubungan antara siaran pers dan empat komponen public relation, yaitu penelitian dan riset; penyusunan kebijakan dan program kerja; penyampaian kebijakan dan program kerja, tempat pengoperasionalan siaran pers; dan penilaian atas pelaksanaan kebijakan dan program kerja. Alasan prioritas pengamatan tersebut adalah bahwa siaran pers merupakan wahana kerja sama antara industri media massa dan lembaga kehumasan. Humas melepas siaran pers, dan media massa membantu penyebarluasannya ke masyarakat dan menindaklanjuti dengan berita susulan berupa spot news story atau feature. Dengan jalinan kerja sama itu, penyatuan persepsi
diharapkan dapat tercapai. Karya ini bersifat menyeluruh atas dasar premis bahwa pembahasan tentang siaran pers sebagai materi pokok tidak dapat berdiri sendiri, tetapi sangat berkaitan dengan disiplin ilmu lainnya seperti psikologi, politik, hukum, ekonomi, komunikasi, etik dan moral. //yeni