Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekedar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya diantara penggunanya, tetapi juga menjadikan perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kajian antropologi, kemudian merambah ke bidang komunikasi dengan etnografi komunikasinya, kini menghadapi lapangan penelitian baru, bahkan objek yang juga baru, yang bersifat virtual, terpaku pada teks, dan bergantung pada perangkat teknologi itu sendiri. Buku ini merupakan salah satu upaya untuk memandu bagaimana meneliti berbagai fenomena kasus di media siber. Membahas teori etnografi virtual, realitas (budaya) di internet, isu-isu dalam riset etnografi virtual, paradigma dalam riset etnografi virtual, prinsip dan prosedur riset etnografi virtual, bagaimana melakukan riset etnografi virtual, serta contoh penggunaan etnografi virtual. Buku ini akan bermanfaat bagi Anda yang tertarik terhadap kajian di bidang Ilmu Komunikasi, Pemasaran, Public Relations, Jurnalisme, Sosial-Budaya, Politik.//yn