Buku
ini merupakan buku pertama berbahasa Indonesia yang mengkaji tentang apa dan
mengapa seorang peneliti menggunakan metode Design Research. Buku ini disusun
untuk membantu dosen dan tenaga pendidik dalam mengimplementasikan metode
Design Research dalam kegiatan penelitian dan membimbing mahasiswa melakukan
penelitian tersebut menggunakan pembelajaran berbasis penelitian pendidikan
matematika selama proses belajar-mengajar. Hasil implementasi ini dapat
membantu mahasiswa dalam mempelajari metode penelitian Design Research dan
melakukan mini projek berupa penelitian pendidikan matematika selama proses
perkuliahan. Pengalaman penelitian ini sangat membantu mahasiswa dalam
melakukan penelitian tugas akhir dan menulis skripsi hasil penelitian tugas
akhir. Buku ini terbagi menjadi enam bagian besar, yaitu: Bagian pertama
Pendahuluan, bercerita tentang peran pemerintah dalam mendukung aktivitas
penelitian di lingkungan akademik; Bagian kedua akan dijelaskan lebih mendalam
tentang metode penelitian Design Research,
tujuan dan produk penelitian Design
Research, dan terakhir Hypothetical
Learning Trajectory (HLT) dan Local Instruction Theory (LIT); Bagian
ketiga akan membahas metode Design
Research dalam penelitian pendidikan matematika; Bagian keempat bercerita
tentang kajian pembelajaran berbasis penelitian pendidikan pendidikan
matematika yang menjadi dasar implementasi Design
Research; Bagian kelima akan membahas implementasi Design Research dalam pembelajaran operasi bilangan; dan terakhir
(bagian enam) bercerita tentang implementasi Design Research dalam Pembelajaran Berbasis Penelitian Pendidikan
Matematika dari tahap Design Research sampai
tahap analisis retrospektif. //ir