Bisnis melalui Internet, mungkin sudah tidak asing lagi kita
dengar. Saat ini, banyak individu maupun perusahaan yang melakukan penjualan
dan pemasaran produknya lewat dunia maya. Bahkan, penggunaan teknologi tidak
lagi hanya sekadar menjadi tren, tetapi sudah merupakan sebuah kebutuhan.
Namun, mengikuti tren saja tanpa aktif mendalami dan mencari tahu wawasan
mengenai perdagangan elektronik dan hal yang terjadi di dalamnya, tentu
tidaklah cukup. Hal itu dikarenakan perkembangan sistem informasi termasuk
teknologi yang ada berjalan dengan begitu cepat. Lalu, bagaimana agar kita
dapat lebih memahami persoalan teknologi sekaligus meraih kesuksesan dalam
melakukan bisnis dan perdagangan dengan menggunakan Internet dan perangkat
teknologi lainnya? Pengantar Sistem Informasi edisi keenam belas ini
menjelaskan mengenai teknologi informasi (TI) dalam perspektif bisnis dan
manajerial. Buku ini menekankan pada peran strategis teknologi informasi dalam
menyediakan perangkat dan sumber daya bagi pelaku bisnis untuk dapat mengelola
operasional bisnis, mendukung pengambilan keputusan, memungkinkan kolaborasi
perusahaan, dan meraih keunggulan kompetitif. Materi bab dalam Buku 2 ini
dikelompokkan ke dalam modul/bagian sesuai pembahasan dan merupakan lanjutan
dari Buku 1. Topik dimulai pada bagian Aplikasi Bisnis Elektronik, dilanjutkan
dengan Proses Pengembangan dan Tantangan Manajemen dalam TI. Terdapat segmen
Tantangan dan Solusi Riil yang mengaitkan teori dengan kasus sehingga pembaca
dapat mempelajari realitas perusahaan dan pelaku dalam dunia bisnis. Buku ini
secara khusus ditujukan bagi mahasiswa bisnis yang sedang mempelajari atau akan
menjadi pelaku bisnis, terutama dalam bisnis dan perdagangan elektronik di
pasar global. //ir