Buku ini menjelaskan korelasi fungsional antara human relations dan public relations dengan management, yang dalam management modern amat potensial bagi kepentingan seorang manager atau pemimpin organisasi. Pembahasan dalam bab pertama buku ini mengenai organisasi beserta managemennya, difokuskan pada faktor "M", yakni "Men", atau "Manusia" salah satu faktor yang paling rumit dari "Six M" dalam management. Paparan mengenai manusia ini diperdalam lagi dalam bab mengenai human relations, yakni human relations dalam arti sempit atau human relations dalam organisasi kekaryaan. (work organization). Dibahas pula dalam bab ini metode dan teknik penyembuhan frustrasi, yang merupakan akibat dari benturan psikologis dan konflik antara kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi, dan merupakan sebab dari ketidak lancaran jalannya organisasi ditinjau dari faktor manusia. Dalam bab berikutnya public relations sebagai fungsi management diuraikan mulai dari perkembangannya sampai pada kegiatan-kegiatan untuk mempraktekkannya, setelah terlebih dahulu diterangkan mengenai proses berlangsungnya secara tahap demi tahap. Pentingnya penjelasan mengenai perkembangn public relations itu adalah karena kegiatannya dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, perkembangan masyarakat, dan perubahan politik, sehingga dengan sendirinya kegiatannya harus disesuaikan demi kelangsungan jalannya organisasi. Pengetahuan tentang proses dan segi-segi praktis public relations disajikan untuk melengkapinya, sehingga jawaban untuk pertanyaan "apa", "mengapa" dan "bagaimana" public relations itu dapat terjawab.//Ira