Pengelolaan lembaga atau
organisasi pendidikan adalah masalah yang sangat penting dalam dunia
pendidikan, baik jalur pendidikan formal, non formal, maupun informal. Setinggi
apa pun cita-cita, sehebat apa pun keinginan, dan sedahsyat apa pun idealisme
serta harapan tidak akan dapat tercapai tanpa pengelolaan lembaga dan
organisasi pendidikan yang baik, efektif, dan efisien. Pengelolaan yang baik,
efektif, dan efisien senantiasa melibatkan berbagai unsur dalam lembaga atau
organisasi agar dapat berubah dan bergerak secara aktif-dinamis, masif, dan
sistematis menuju cita-cita yang diharapkan. Denyut nadi organisasi, gerak
langkah dan perubahannya akan sangat ditentukan oleh hadirnya sosok pemimpin
dan kepemimpinan yang dibawakan oleh seseorang yang telah diberikan kepercayaan
(amanat). Pimpinan dengan segala tugas dan wewenang kepemimpinan yang diemban
dan dibawakan akan sangat mempengaruhi hidup atau matinya sebuah lembaga atau
organisasi pendidikan. Maka dari itu, diperlukan pengetahuan dan pemahaman
mengenai model dan gaya kepemimpinan yang efektif dan efisien, yang mampu
menempatkan lembaga atau organisasi pendidikan sebagai jembatan emas bagi
terselenggaranya pendidikan yang tepat tujuan, tepat target, dan tepat sasaran.
Buku ini berisi konsep dan implementasi kepemimpinan yang transformasional.
Kepemimpinan gaya transformasional dipercaya dapat menjadi pemantik perubahan
secara sistematik dan masif dalam lembaga atau organisasi pendidikan. Efek
perubah yang dahsyat di dalamnya mampu mempengaruhi setiap aspek dan
ruang-ruang yang melekat dalam lembaga atau organisasi pendidikan secara
menyeluruh, sehingga dapat menghidupkan, menyemangati, dan mengarahkan gerak
dan langkah dalam mencapai tujuan dan harapan-harapan yang telah ditetapkan.
//ir