Handbook Komunikasi Politik
adalah sumber tepat waktu bagi mahasiswa, akademisi dan praktisi di seluruh
dunia. Para ahli terkemuka yang berasal dari duabelas negara lebih telah
memberikan sumbangan untuk buku ini. Buku ini berbeda dari kebanyakan handbook
yang fokus utamanya adalah ringkasan literatur. 40 bab dalam buku ini melampaui
sebuah ringkasan dengan mengedepankan argumen inovatif tentang isu-isu dan data
baru terkini, dan banyak menawarkan pendekatan dan metode baru untuk melakukan
penelitian komunikasi politik. Handbook ini disusun menjadi lima bagian. Bagian
I mendiskusikan perkembangan teknologi dan media yang telah memperluas medan
komunikasi politik terutama selama dekade terakhir. Diskusi mencakup tren dalan
hiburan dan budaya populer, serta dampak yang masih ada dari Internet pada
warga, jurnalisme dan bisnis berita, partai politik dan kampanye, dan
pendekatan pemerintah pada komunikasi. Bagian 1 mendiskusikan bagaimana
individu dan kelompok terlibat dengan satu sama lain, belajar dan berkomunikasi
dalam lingkungan media baru, dan membahas potensi skenario masa depan. Bagian
III fokus pada perkembangan terbaru dalam desain dan metode penelitian untuk
mempelajari komunikasi politik dalam berbagai konteks media tradisional, lama
dan baru. Bagian IV mengkaji arti penting konseptual kekuasan dalam penelitian
komunikasi politik. B fokus pada berbagai konteks geografis prakiek dan
penelitian komunikasi politik. Dari Cina dan Korea sampai Amerika Latin, dari
Rusia dan negara negara Uni Eropa baru sampai Al-Jazeera lintas negara, konteks
lokal, nasional, regional dan transnasional dibahas dalam bagian akhir ini.
//ir