Membahas pendidikan tidak
akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab
pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial
manusia. Melalui pendidikan manusia ingin memperoleh kehidupan yang baik
sebagaimana yang dialami orang lain. Bahkan dalam kondisi tertentu seseorang
ingin lebih baik dari orang lain. Untuk mewujudkan keinginan dan keikutsertaan
diri dalam dinamika sosial terkadang manusia dihadapkan dengan dinamika persaingan,
kerja sama atau pertentangan. Dinamika tersebut dipengaruhi oleh potensi diri
masing-masing individu dan potensi diri dari orang-orang yang ada di
sekitarnya. Kemudian, keduanya memengaruhi dinamika interaksional antara
manusia yang satu dengan lainnya. Dalam dinamika itulah terdapat pelajaran yang
sangat berguna untuk dijadikan kajian pendidikan melalui pendekatan sosiologis.
Kajian-kajian sosiologis dalam dunia pendidikan akan berguna bagi para
pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan termasuk bagi para pengamat
pendidikan, khususnya di Indonesia. Di mana masyarakat Indonesia merupakan
masyarakat heterogen yang multietnis yang terdiri dari ratusan suku bangsa,
dengan daerah teritorial dan budaya masing-masing yang khas. Oleh karena itu,
buku ini diberi judul ā€¯Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokulturalā€¯
yang dilengkapi dengan kajian teori interaksionisme simbolik dan pendekatan
multikultural. //ir