Kemampuan komunikasi sebagai
kompetensi pendukung (soft skills)
sangat diperlukan bagi semua lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi dunia
kerja. Buku ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja, unggul,
dan berdaya saing. Buku ini disesuaikan dengan proses pembelajaran di kelas
yang bergantung pada metode pembelajaran active
learning, instrumen penilaian, dan modul praktik guna memperoleh capaian
pembelajaran yang telah ditentukan. Materi yang dibahas dalam buku ini
mencakup: Bab 1 Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis. Bab 2 Etika Komunikasi dan
Manajemen Waktu. Bab 3 Komunikasi Tertulis. Bab 4 Bahasa dan Kalimat dalam
Menulis. Bab 5 Menulis Surel dan Memo. Bab 6 Cara Menulis Surat Bisnis Rutin.
Bab 7 Kiat untuk Menulis Pesan Goodwill dan Dokumen Hukum. Bab 8 Menulis Pesan
Persuasif dan Pesan Negatif. Bab 9 Cara Menulis Laporan serta Proposal Informal
dan Formal. Bab 10 Komunikasi Lisan: Berkomunikasi Antar-Pribadi, Tatap Muka,
melalui Telepon, Negosiasi dan dalam Rapat. Bab 11 Komunikasi Kelompok dan
Kerja Tim. Bab 12 Presentasi Lisan dan Public Speaking. Bab 13 Teknik Mencari
Pekerjaan. Bab 14 Manajemen Kearsipan. //ir