Buku ini merupakan refleksi dari pertumbuhannya kebutuhan akan pendekatan wawancara dalam berbagai keperluan. Melalui buku ini, Stewart dan Cash berusaha menyajikan wawancara sebagai proses komunikasi interpersonal. Proses komunikasi yang menghubungkan dimensi hubungan konsep diri dalam wawancara dan juga komunikasi dalam lingkup yang lebih besar, global. Secara deskriptif, materi buku ini membahas segala hal yang ada dalam kegiatan wawancara, meliputi penjelasan secara umum tentang wawancara, jenis-jenis wawancara, dan pendekatan-pendekatannya, berbagai jenis responden, etika berwawancara, pandangan hukum terkait proses wawancara sampai pada pengaruh budaya dalam wawancara. Perkembangan wawancara dan bentuk-bentuknya saat ini menjadi hal yang lebih ditekankan dalam edisi baru ini. Edisi baru buku ini juga memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi bab dengan disajikannya penjelasan singkat yang dicetak tebal pada margin kiri setiap halaman, dan evaluasi berupa uraian dalam aktivitas mahasiswa di setiap akhir bab. Adapun materi yang dibahas dalam buku ini meliputi Pengenalan Wawancara, Proses Komunikasi Interpersonal, Pertanyaan dan Kegunaannya, Menata Wawancara, Wawancara Informasi, Wawancara Survei, Wawancara Perekrutan, Wawancara Kerja, Wawancara Kinerja, Wawancara Persuasif: Para Pembujuk, Wawancara Persuasif: Orang yang Dibujuk, Wawancara Konsultasi, Wawancara Perawatan Kesehatan.//yn