Industri pariwisata merupakan primadona sumber devisa di beberapa negara tujuan wisata, termasuk Indonesia. Bidang yang dijuluki “the economic success story of twentieth century” ini tak sekedar menawarkan pengalaman berkesan bagi para wisatawan, tetapi juga memperluas peluang kerja yang mendorong revitalisasi perekonomian lokal. Meskipun demikian, keberlanjutan pengembangan industri pariwisata di masa depan dihadapkan pada beragam tantangan yang kian dinamis dari hari ke hari. Demi menyikapi hal tersebut, ilmu komunikasi dapat berkontribusi melalui kajian beragam isu seputar kepariwisataan. Melalui komunikasi pemasaran, promosi, keterlibatan media, layanan informasi, pengemasan produk dan jasa wisata, kesadaran pelestarian lingkungan, dan aspek-aspek lainnya. Buku ini hadir sebagai salah satu bentuk kontribusi para akademisi Ilmu Komunikasi bagi dunia pariwisata terkait isu-isu tersebut. Bahan tulisan didapat dari kajian dan hasil penelitian yang diharapkan dapat bermanfaat bagi keberlanjutan usaha pengembangan pariwisata di Indonesia.//yn