Buku ini dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang prospek, tantangan dan peluang peneliti bagi CPNS/PNS di lingkungan Kemendikbud yang berminat menjadi peneliti. Penyusunan buku ini sedikit banyak dilatarbelakangi oleh keinginan penulis sebagai anggota Tim Penilai Peneliti Instansi (TP2I) Balitbang Kemendikbud berbagi pengalaman dan informasi tentang pernak-pernik Jabatan Fungsional Peneliti (JFP). Akhir-akhir ini, JFP cukup menarik untuk dikaji lebih lanjut sebagai salah satu alternatifpilihan CPNS/PNS meniti karier melalui JFP. Di satu sisi, bagi peneliti PNS semakin terbuka kesempatannya untuk memilih dan mengembangkan karir melalui JFP sesuai dengan UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di sisi lain, untuk mendapatkan status JFP diperlukan niat yang kuat dan daya juang yang tangguh (keinginan, keuletan, kesiapan mental dan kesabaran) dalam merealisasikannya. Mengapa demikian? Ke depan, meniti karir melalui JFP semakin kompetitif dan terbatas pada ada tidaknya formasi JFP di setiap jenjang. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No. 66/2016 tentang kelas/Peta Jabatan Fungsional Peneliti, dimana peneliti di setiap jenjang pada suatu institusi terbatas pada kebutuhan instansi berdasarkan analis beban kerja.//yn