Dewasa ini, penguasaan keterampilan mengajar yang efektif tidak saja dilihat dari seberapa komponen seorang pengajar, entah ia seorang guru ataupun dosen, menguasai bidang yang diampunya saja, tetapi juga dari seberapa baik ia mengenal siswa-siswanya dan seberapa optimalnya ia mendorong perkembangan berbagai bakat dan potensi masing-masing siswa dalam suasana kelas yang kondusif. Dalam buku edisi 10 yang terbaru ini penulis berusaha menyertakan aspek teknologi, yaitu bagaimana guru dapat memanfaatkan teknologi baru untuk mengajar; serta bagaimana teknologi telah mengubah hidup siswa zaman sekarang. Buku ini memberikan pengajar maupun calon pengajar beragai perangkat yang berguna dalam proses merencanakan dan menerapkan pengajaran dalam membentuk suatu lingkungan yang membantu siswa selalu termotivasi mengerjakan tugas dan memberikan penilaian atau asesmen kepada para siswa tersebut. Buku jilid 1 ini menghadirkan topik-topik sebagai berikut: Psikologi Pendidikan dan Pengajaran; Perkembangan Kognitif dan Bahasa; Perkembangan Pribadi dan Sosial; Perbedaan Kelompok; Perbedaan Individual dan Kebutuhan Pendidikan Khusus; Pembelajaran, Kognisi, dan Memori; Proses Kognitif Kompleks; Pembelajaran dan Kognisi dalam Konteks; Pandangan Behavior terhadap Pembelajaran.//yn