Buku

Karya Kreatif Jurnalistik Jawa

Abstraksi
Dunia jurnalistik saat ini telah menjadi media dengan peran dan kekuatan yang sangat penting. Bahkan bisa dikatakan sangat strategis. Sejumlah persoalan yang diangkat melalui media massa akan dengan cepat dibicarakan masyarakat di seluruh dunia. Kekuatan itu bahkan bisa mendesak lembaga lain untuk menjadikan persoalan tersebut menjadi “actual”, “menarik”, dan “penting”. Bahasa jurnalistik memiliki ciri atau karakteristik yang khas. Bahasa jurnalistik sering juga disebut bahasa pers; merupakan salah satu ragam bahasa yang digunakan oleh wartawan. Sementara itu Setiati (2009:85) menyatakan bahasa jurnalistik merupakan salah satu ragam bahasa kreatif yang digunakan kalangan pers di dalam penulisan berita di media massa. Bahasa jurnalistik atau disebut dengan bahasa pers dan juga memiliki karakter yang berbeda sesuai jenis tulisan yang akan jurnalis beritakan. Bahasa jurnalistik memiliki dua ciri utama: komunikatif dan spesifik. Komunikatif artinya langsung ke pokok persoalan, bermakna tunggal, tidak konotatif, tidak berbunga-bunga, dan tanpa basa-basi. Spesifik artinya mempunyai gaya penulisan tersendiri, yakni kalimatnya pendek-pendek, kata-katanya jelas, dan mudah dimengerti masyarakat. Bahasa jurnalistik diperlukan oleh insan pers untuk kebutuhan komunikasi efektif dengan pembaca (juga pendengar dan penonton).//yn
Seri
Catatan
Pembelian Tahun Anggaran 2020, buku diterima tanggal 17-12-2020, sebanyak 2 eksemplar
ISBN978-602-5879-78-4
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022078 15-11374-1 A Ada
2 0000022079 15-11374-2 A Ada
No Pengarang Jabatan
1 Mulyana Penulis
No Subyek
1 JURNALISTIK-KARYA KREATIF
No Kata Kunci
1 JURNALISTIK
2 JURNALISTIK JAWA
3 KARYA KREATIF
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitSuluh Media
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2019
Call Number070.4 745.5 MUL k
Kolasix+152 hlm.; 17x24 cm.; Cet. 1
Edisi1
BibliografiAda
Halaman103
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks2
Kembali