Buku ini merupakan hasil dari pemikiran saat dan selama penulis menjadi wartawan dan mengampu beberapa mata kuliah di bidang ilmu komunikasi seperti hubungan masyarakat (humas), hubungan media (media relations), jurnalistik, periklanan, dan tentunya komunikasi persuasif. Penulis mengamati konsep komunikasi persuasif telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ilmu komunikasi. Bidang seperti humas, media relations, jurnalistik, periklanan, hubungan media punya dimensi unik dan penuh tantangan karena melibatkan sikap dan perilaku manusia yang tidak pernah ada pada posisi statis. Manusia dan segala aktivitas pendukungnya selalu dinamis, sehingga sikap dan perilakuknya tidak dapat diprediksi. memahami sikap dan perilaku yang berubah-ubah perlu pendekatan dan strategi yang tepat agar tujuan berkomunikasi dapat tercapai. perkembangan media massa cetak maupun televisi, internet, dan media sosial saat ini tentu menjadi perhatian khusus bagi ilmuwan dan praktisi bidang komunikasi. Buku ini menjadi alternatif yang bisa digunkan banyak pihak, baik mahasiswa, dosen, praktisi, pelaku usaha, ataupun masyarakat umum untuk menghadapi perkembangan zaman yang selalu berubah.//yn