Persoalan lingkungan hidup, pembangunan, dan dinamika masyarakat yang kompleks memerlukan upaya kolaborasi berbagai elemen masyarakat, mulai dari pihak pemangku kebijakan, pemerintah, pegusaha, masyarakat hingga media. Setiap elemen tersebut harus dapat menjalin komunikasi dengan baik. Dengan pendekatan SDGs (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan CSR (Corporated Social Responsibility), berbagai agenda komunikasi lingkungan pun dapat dilaksanakan oleh semua pihak sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Buku ini menguraikan berbagai hal terkait komunikasi lingkungan, mulai dari definisi, peran, dinamika, hingga strategi komunikasi lingkungan; berbagai hal yang berkaitan dengan SDGs; isu-isu lingkungan seperti perubahan iklim, peristiwa berkelanjutan, budaya dan kearifan lokal, bencana alam, serta energi terbarukan. Dengan demikian kita dapat melihat bagaimana kompleksita persoalan lingkungan saat ini sekaligus tantangan semua pihak untuk semakin peduli terhadap masalah-masalah yang muncul. Selain itu, berbagai hal mengenai CSR dan bagaimana CSR berperan serta memberikan manfaat untuk pembangunan masyarakat.//yn