Buku ini sangat mungkin menjadi buku psikolinguistik edukasional pertama di Indonesia bagi kalangan pemerhati pendidikan, dosen, guru dan mahasiswa. Psikolinguistik edukasional adalah psikolinguistik dengan fokus bahasan pada bagaimana membelaarkan bahasa secara tepat. Pembaca akan diarahkan untuk menemukan solusi berdasarkan perspektif psikolinguistik. Diawali dengan bahasan tentang pokok-pokok psikolinguistik, buku ini menguraikan empat keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, masing-masing beserta permasalahannya. Sekuen bahasan tersebut dimaksudkan sebagai pintu pembuka untuk mengenal medan masalah dan prediktor evaluasi sebelum menerapkan strategi pembelajaran bahasa di kelas. Terdapat empat landasan utama dari buku ini. Pertama, landasan teoretis untuk memahami dasar-dasar teori psikolinguistik terkait pembelajaran bahasa. Kedua, landasan implementasi teoretik untuk membantu pembaca menerapkan teori ke dalam kelas. Ketiga, landasan riset yang bisa memandu pembaca membuat rencana dan mengembangkan riset PTK atau eksperimen di kelas. Keempat, landasan implikatif yang memungkinkan pembaca mengembangkan pengetahuan psikolinguistik ke arah yang lebih kompleks.//yn