Buku

Media dan Gender Sebuah Pengantar

Abstraksi

Di antara belantara buku-buku tentang teori gender dan feminisme, tidak banyak buku yang membahas keterkaitan antara media dan gender. Padahal, media populer (televisi, film, iklan) menjadi salah satu entitas terpenting dalam pendidikan, pembentukan dan internalisasi identitas gender sejak masa kanak-kanak.  Kekosongan literatur itulah yang mencoba diisi dengan hadirnya buku ini. Selain itu, media yang dipilih untuk menjadi kajian dalam buku ini adalah media kontemporer yang sejalan dengan perkembangan jalan. Topik dalam buku ini di antaranya adalah: Representasi femininitas dalam akun insta-selebritas Rachel Vennya; Representasi maskulinitas dan analisis fandom dalam mobile game “Game of Sultans”;  Kajian ageing dalam dua acara drama Netflix (Grace and Frankie dan The Kominsky Method);  dan Perlawanan tubuh liyan melalui gerakan body positivity dan body neutrality melalui ruang-ruang virtual. Buku ini diperuntukkan bagi siapa saja yang belajar atau tertarik untuk meneliti penggambaran gender dalam media kontemporer. Sekaligus untuk memberikan corak baru terhadap penelitian feminist media studies yang semakin interseksional, multidisipliner dan pesat dengan kehadiran media-media jejaring sosial dan teknologi hiburan dan informasi modern. //ir

Seri
Catatan
Buku pembelian tahun anggaran 2022 sebanyak dua eksemplar.
ISBN978-623-218-392-6
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022694 15-11635-1 C Ada
2 0000022695 15-11635-2 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Aulia Rahmawati Penulis
No Subyek
1 GENDER - MEDIA
No Kata Kunci
1 GENDER
2 MEDIA DAN GENDER
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitKencana Prenadamedia Group
Kota TerbitJakarta
Tahun2019
Call Number305.409 598 AUL m
Kolasiviii+110 hlm.; 15x23 cm.; illus.
EdisiEdisi Pertama, Cetakan Pertama
BibliografiAda
Halaman97
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks2
Kembali