Penciptaan karya ini
bertujuan untuk membuat program musik televisi “Etnik Musik” Episode “Avant
Garde” melalui pendekatan strategi dan management. Sebagai bagian dari seni
musik, musik kontemporer juga berfungsi sebagai alat propaganda untuk
menyampaikan nilai-nilai yang bersifat rohani, edukasi, atau pesan-pesan dan
perasaan yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu kepada masyarakat, di
samping sebagai hiburan bagi pemirsa. Melalui pendekatan management dengan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang baik dan strategi
analisis peluang dan analisis kompetitif maka program musik televisi “Etnik
Musik” dapat diterima oleh masyarakat. Berdasarkan hasil riset dengan metode
penyebaran kuisioner, masih banyak masyarakat yang ingin tahu mengenai musik
kontemporer, perkembangan musik dan perkembangan alat musik tradisional. Hal
itu membuat peluang lebih bahwa program ini dapat diterima oleh publik. Yaitu
penulis mengamati secara cermat terhadap persaingan program yang ada pada suatu
segmen pasar. Aspek yang paling penting dalam perencanaan strategi program
adalah meneliti keuntungan kompetitif. Yaitu hal yang memberikan keunggulan
dibanding kompetitor. Contoh keuntungan kompetitif ini adalah kemampuan
memproduksi program yang berkualitas dengan ongkos rendah sehingga harga
program menjadi murah. Karya ini telah selesai direncanakan sesuai harapan
dengan menggunakan strategi manajemen, sehingga diharapkan dapat diproduksi.//ir