Skripsi

Game 2D "Shout!!!" Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Speech Recognition

Abstraksi
Media edukasi terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari video hingga permainan digital berupa game dapat dimuati materi edukasi. Teknologi-teknologi tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Ini menunjukan bahwa bahasa Inggris perlu dipelajari oleh masyarakat agar dapat mengikuti perkembangan teknologi. Namun tidak semua orang dapat merasakan manfaat dari game edukasi, seperti penyandang disabilitas dalam kasus ini para penyandang tuna daksa yang mengalami kekurangan fisik. Untuk membuat game edukasi bahasa Inggris yang dapat digunakan penyandang disabilitas metode yang digunakan adalah penggunaan speech recognition pada game “Shout Out!!!”. Game dibuat menggunakan software game engine Unity3D dengan mengakses fitur mikrofon dan kemampuan speech recognition dalam sistem operasi Windows yang akan menangkap suara dari pemain dan diubah menjadi kode digital berupa perintah untuk menjalankan game. Hasil dari data oleh 30 orang responden menyatakan bahwa game dengan penggunaan speech recognition dapat digunakan dengan perintah suara yang berkesan dan menarik. Dalam penggunaannya mikrofon yang digunakan harus sensitif. Game “Shout Out!!!” juga memberikan edukasi bahasa Inggris berupa beberapa jenis teks. Kesimpulannya adalah Game “Shout Out!!!” dibuat sebagai media edukasi bahasa Inggris dengan teknologi speech recognition agar dapat membantu penyandang disabilitas menggunakan media edukasi game hanya dengan menggunakan input suara dan merasakan manfaatnya untuk mempelajari bahasa Inggris.//ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbanganAkbar Briliant Pratama mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2020 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023093 64/74-DTP/2020 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Akbar Briliant Pratama Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER – 2D – EDUKASI BAHASA INGGRIS
No Kata Kunci
1 BAHASA INGGRIS
2 GAME 2D
3 MEDIA EDUKASI
4 SHOUT!!!
5 SPEECH RECOGNITION
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2020
Call Number005.5 760 372 6 AKB g
Kolasixvi+95 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman90
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali