Di Zaman Globalisasi ini,
teknologi berkembang cukup pesat dan berkomunikasi antar manusia saat ini tidak
terhalang oleh jarak dan waktu, seiring dengan kemajuan teknologi dan
perkembangan jaman yang semakin modern, cara berkomunikasi antar individu juga
mengalami perubahan. Manusia tidak lagi harus bertemu dengan lawan bicara untuk
menyampaikan pesan karena alat komunikasi seperti ponsel maupun smartphone
menjadi perangkat yang mampu mengantarkan pesan tersebut dalam hitungan detik.
Beragam aplikasi berbalas pesan daring muncul secara signifikan, Dengan banyaknya
pengguna aplikasi berbalas pesan ini banyaknya interaksi sosial yang beralih ke
dunia maya atau virtual. Perancangan GIM SIMULASI KEHIDUPAN “SAHABAT VIRTUAL”,
untuk menyajikan suatu interaksi berbalas pesan dan informasi dalam bentuk gim,
dalam gim ini bukan hanya sebagai pelepas stres belaka, melainkan tanggapan
pemain berbicara dengan bot/robot yang diumpamakan sebagai lawan bicara dunia
maya untuk mengetes bagaimana tanggapan pemain secara di dunia nyata perlakuan
dalam menggunakan suatu aplikasi berbalas pesan, apakah baik atau buruk dalam
menanggapi suatu kabar. Gim Sahabat Virtual ini memiliki 2 level, hari 1 untuk
level 1, hari 2 untuk level 2, dan akhiran/ending untuk level akhir atau level
3 yang memiliki 2 ending, good ending dan bad ending yang akan didapatkan oleh
pemain setelah menyelesaikan hari 2.//ir