Skripsi

Pengembangan Permainan Tradisional ABC 5 Dasar dalam Perancangan Game Casual "Katapedia"

Abstraksi
Saat ini kita memasuki era modern dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup dinamis, dimana hampir seluruh kalangan masyarakat telah mengenal dan menggunakan teknologi digital, Jarang sekali anak-anak zaman sekarang memainkan permainan tradisional padahal permainan tradisional banyak melatih tumbuh kembang anak. Salah satu contoh permainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak dahulu adalah ABC 5 Dasar, banyak hal positif dalam permainan tradisional ABC 5 dasar seperti melatih anak-anak untuk berpikir cepat tanggap, mengetahui kosakata baru, menghafalkan huruf, dan melatih konsentrasi. Jika dibiarkan lebih lama ditakutkan permainan tradisional ini akan punah. Hal ini mendorong dibuatnya game kasual multiplayer yang dinamakan game Katapedia. Pembuatan game dilakukan dalam hal gameplay, environment, danpenyusunan materi kata yang akan digunakan. Metode penciptaannya melalui tiga tahapan : 1. Praproduksi (riset serta pembuatan game design document sebagai acuan dalam penciptaan karya), 2. Produksi (pembuatan asset 2D menggunakan software Adobe illustrator, serta pengeditan audio dengan software Adobe Premiere), 3. Pascaproduksi (pengkodingan menggunakan software Unity sehingga game bisa dijalankan dengan baik). game Katapedia menerapkan mekanik tanya jawab dimana dimunculkan soal di layar dan pemain menyebutkan jawaban secara verbal dan diketik. Environment-nya menerapkan background warna merah, biru, dan hijau dengan pola huruf alfabet. Hasil uji coba menunjukkan bahwa sebagian besar pemain menyatakan bahwa game ini sangat interaktif, menghibur, meningkatkan kecepatan berpikir, dan merasakan nostalgia sama seperti memainkan permainan tradisionalnya.//ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbanganRezaldi Yanuar Abidin mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2021 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023112 83/93-TP/2021 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Rezaldi Yanuar Abidin Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER – PERMAINAN
No Kata Kunci
1 ABC 5 DASAR
2 GAME CASUAL
3 KATAPEDIA
4 PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL
5 PERANCANGAN GAME CASUAL
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2021
Call Number005.5 790 1 REZ p
Kolasixv+156 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman153
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali