Skripsi

Perancangan Game 2D Side Scrolling "Serangan Gerilya" dalam Pembelajaran Sejarah

Abstraksi
Pada karya penciptaan yang berjudul Penciptaan Game 2D Side ScrollingSerangan Gerilya” ini dilatarbelakangi karena generasi saat ini tidak terlalu mengingat peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi sesudah kemerdekaan Republik Indonesia. Game ini ditujukan sebagai media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan masyarakat khususnya para remaja tentang peristiwa bersejarah di masa lampau ketika Rakyat Indonesia berjuang mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berbagai cara. Salah satunya melakukan serangan secara sembunyi-sembunyi. Maka dari itu dibuatlah game Serangan Gerilya Game ini bergenre 2D Side Scrolling yang ditujukan sebagai media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan masyarakat khususnya para remaja. Hal ini di buktikan dengan hasil penelitian game edukasi yang berjudul “Game Edukasi untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia” pada tahun 2013 bahwa sebanyak 86,25% siswa memperoleh tambahan ilmu pengetahuan setelah bermain game dan didukung oleh pernyataan guru bersangkutan yang menyatakan bahwa game ini dapat membantu siswa dalam mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia. Terdapat 3 level dan disetiap level mempunyai latar tempat, waktu, suasana yang berbeda. Pada level 1 berlatar tempat di Tugu pada siang hari, pada level 2 berlatar tempat di Benteng Vredeburg pada sore hari, pada level 3 berlatar tempat di Bank Indonesia pada malam hari. Rintangan akan semakin sulit seiring dengan bertambahnya setiap stage. Kemudian produksi dilanjutkan dengan pembuatan asset visual dan audio. Lalu pada pasca produksi dilakukan edittingasset sehingga siap digunakan. Setelah semua asset siap, dilanjutkan programming sehingga gamenya bias dimainkan. Kesimpulan dari game Serangan Gerilya yaitu game ini merupakan game kategori side scrolling yang memiliki latar belakang sejarah serangan umum 1 Maret yang terjadi di Yogyakarta. Aturan permainannya harus menyelesaikan misi dengan cara melewati setiap stage dan obstacle tanpa terbunuh. Game ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan player untuk dapat berpikir secara kritis dalam memainkannya, sehingga tidak semata-mata hanya bermain.//ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbangan Finsa Yanuar Firdaus mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2021 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023122 93/103-TP/2021 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Finsa Yanuar Firdaus Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER-2D-SEJARAH
No Kata Kunci
1 GAME 2D SIDE SCROLLING
2 PEMBELAJARAN SEJARAH
3 PERANCANGAN GAME 2D
4 SERANGAN GERILYA
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2021
Call Number005.5 760 950 FIN p
Kolasixii+73 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman70
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali