Website “The Lawu Park”
merupakan bentuk konvergensi media dengan tujuan memajukan dan memasarkan objek
wisata khususnya wisata alam agar tetap dapat mengikuti trend. Banyak website
yang beredar masih membuat bingung pengguna bagaimana penggunaannya. Terutama
pada website pariwisata, tidak sedikit website pariwisata yang sudah ada belum
memenuhi kriteria menjadi website yang mudah digunakan dan efisien bagi
pengguna. Dengan menyediakan website yang mudah dioperasikan dan mudah dalam
pencarian informasi maka pengguna akan menikmati membacanya bahkan akan
mengingat website tersebut dikemudian hari jika akan mencari informasi mengenai
hal serupa. Dengan banyak pertimbangan maka diputuskan untuk membuat website
pariwisata The Lawu Park, dengan menerapkan prinsip usability aspek learnability
dan efficiency. Dengan tampilan yang sederhana, menu atau navigasi yang efisien
akan sangat membantu pengguna walaupun baru pertama kali mengunjungi website.
Kepuasan pengguna terhadap kemudahan website adalah tujuan utama dalam
penerapan aspek Learnability dan Efficiency. Pembuatan website “The Lawu Park”
melalui tiga tahapan yaitu tahap perancangan website yang meliputi xxii
pendataan lokasi wisata dan penentuan lokasi wisata yang akan dikembangkan
menjadi website. Tahap pengembangan website yang menggunakan web builder Wix.
Sedangkan tahap terakhir yaitu pengujian yang terdiri dari dua aspek yaitu
learnability dan efficiency, dimana proses pengujian menggunakan metode
kuisioner dan mendapatkan 42 responden. Pengujian pada aspek learnability mendapatkan
hasil (59.5%) yang menyatakan setuju dan (40.5%) menyatakan sangat setuju jika
website The Lawu Park mudah dipahami dan dipelajari. Kemudian untuk aspek
efficiency mendapatkan (66.7%) setuju dan (33.3%) sangat setuju dengan
terintegrasinya website dengan media sosial.//ir