Bagi sebagian orang, berwisata adalah sebuah keharusan karena merupakan wadah menyegarkan diri sekaligus zona membuang uang. Namun, bagi sebagian yang lain, pariwisata adalah berkah sebab hal ini dimanfaatkan menjadi salah satu sumber pendapatan warga dan harus dimaskimalkan pengelolaannya. Penulis sebagai produser fokus pada strategi komunikasi persuasif pada program dokumenter televisi “Tanpa Batas” episode “Towilfiets”. Penggunaan strategi komunikasi persuasif yang produser gunakan bertujuan untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada masyarakat agar terpengaruh dan pada akhirnya tergerak untuk menggali potensi desa masing-masing sekaligus memberikan informasi dan edukasi kepada khalayak. Produser mempunyai peran secara holistik pada sebuah program mulai dari penerapan planning, organizing, actuating, dan controlling. Strategi komunikasi persuasif ini dituangkan dalam tiga tahapan produksi, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dan dijabarkan lagi melalui treatment, rancangan anggaran, serta jadwal produksi yang sesuai dengan standart operating procedure (SOP). Hasil dari karya produksi ini terciptalah sebuah karya yang memotivasi dan mengedukasi masyarakat agar terbentuk sosok atau sekelompok penggerak desa dibidang pariwisata perdesaan melalui gambar yang epik.//yn