Skripsi

Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bakpia 543 Sonder Yogyakarta)

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh industri rumahan Bakpia 543 Sonder dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Perkembangan dan pertumbuhan industri rumahan mengalami kemajuan yang pesat dan dapat dikatakan berperan penting dalam perkembangan sektor ekonomi di Indonesia salah satunya pada bidang kuliner. Upaya yang dilakukan industri kecil dalam merebut pasar tentunya tidaklah mudah, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan loyalitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahakan loyalitas pelanggan yang dilakukan oleh Bakpia 543 Sonder dengan meggunakan teori model strategi komunikasi pemasaran milik Kotler dan Keller. Strategi yang digunakan oleh Bakpia 543 Sonder meliputi enam elemen, yaitu Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Personal, Pemasaran langsung, dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Elemen pemasaran dari mulut ke mulut menjadi ujung tombak dari bertahannya bisnis bakpia tersebut. Walaupun elemen marketing mix yang dilakukan Bakpia 543 Sonder belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal, tetapi mampu untuk bersaing dalam bidang home industry kuliner yang ada di Yogyakarta selama puluhan tahun. Dengan demikian, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bakpia 543 Sonder dalam mempertahankan loyalitas pelanggan sudah dilakukan cukup baik sehingga pelanggan menjadi loyal.//yn
Seri
Catatan
Sumbangan dari alumni STMM lulus Tahun 2020, an. Mega Titisari Palupi, PS. MIK, skripsi diterima tanggal 07-01-2021, sebanyak 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023299 151/164-MIK/20 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Mega Titisari Palupi Penulis
No Subyek
1 KOMUNIKASI DALAM BISNIS-PEMASARAN
No Kata Kunci
1 BAKPIA 543 SONDER
2 KOMUNIKASI PEMASARAN
3 LOYALITAS PELANGGAN
4 MEMPERTAHANKAN LOYALITAS
5 STRATEGI KOMUNIKASI
6 STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM MMTC
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2020
Call Number658.802 MEG s
Kolasixv+101 hlm.; 21x30 cm.; illuss.
Edisi
BibliografiAda
Halaman66
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali