Meningkatnya konsumsi kopi secara nasional, serta perubahan gaya hidup masyarakat menciptakan peluang bagi pelaku usaha dibidang kedai kopi. Salah satu kedai kopi di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Kopi Hyra, yang berdiri pada 15 Oktober 2019. Kopi Hyra tergolong kedai kopi baru, sehingga membutuhkan peran brand awareness (kesadaran merek) untuk memperkenalkan mereknya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan komunikasi pemasaran melaui media sosial Instagram yang dilakukan Kopi Hyra untuk meningkatkan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, danĀ menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopi Hyra melalui media sosial Instagram menggunakan pendekatan internet marketing mix. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan dapat dikatakan berhasil dan sesuai dengan segmen dan target pasar Kopi Hyra. Kegiatan yang paling efektif dalam meningkatkan kesadaran merek yaitu komunikasi melalui periklanan, promosi penjualan, serta event. Efektifitas periklanan berupa endorse akun food vlogger dibuktikan melalui komentar pada iklan. Efektifitas promosi penjualan dibuktikan dari jumlah jangkauan terbanyak pada unggahan Instagram yaitu promosi paket bundling imlek. Efektifitas event dibuktikan melalui peningkatan laba bersih Kopi Hyra, selama berlangsungnya turnamen e-sport Mobile Legend.//yn