Konsep diri merupkan salah satu hal yang dimiliki setiap orang. Dalam berkomunikasi, mahasiswa tentu saja menanamkan konsep dirinya sebelum ia melakukan komunikasi dengan teman sejawatnya. Hal tersebut menyebabkan informasi yang diberikan oleh mahasiswa satu kepada mahasiswa lain tidak jelas dan menimbulkan miskomunikasi. Miskomunikasi tersebut juga terjadi pada mahasiswa penyiaran STMM Yogyakarta yang menyebabkan peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri yang terdiri dari identitas diri, perilaku diri, dan penilaian diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Penelitian ini berbentuk korelasi dengan teori penilaian individu terhadap konsep dirinya melalui dimensi internal (William H. Fitts dalam Agustiani, 2009:139). Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Penyiaran di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarya Angkatan Tahun 2018 sebanyak 319 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian yaitu sejumlah 76 mahasiswa ditentukan dengan menggunakan proportionate random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, uji validitas menggunakan product moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s Test. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel konsep diri berpengaruh positif terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa sebesar 28,7% dengan Fhitung sebesar 9,682 dan konstanta 86,345. Persentase pengaruh tersebut didapat dari R2 sebesar 0,287 yaitu sebesar 28,7% sedangkan 71,3% yang lain disebabkan oleh faktor dari luar yang tidak diteliti.//yn