Ngopi di Museum merupakan event periodik 4 bulan yang diselenggarakan di museum-museum di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Cornellia & Co dan Klinik Kopi. Pada penelitian ini membahas khusus tentang manajemen event Ngopi di Museum Vol.5. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen event Ngopi di Museum Vol.5 dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung di Museum Dharma Wiratama. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui dokumentasi panitia, liputan media, dan media sosial. Teknik keabsahan data menggunakan kombinasi triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memaparkan penerapan manajemen event Ngopi di Museum Vol.5 melalui beberapa tahap, dimulai dari perencanaan melalui survey museum dan penentuan tanggal yang dilakukan oleh ketua project dengan pihak museum, selanjutnya pengorganisasian dengan adanya pembentukkan tim dan pelaksanaan tugas masing-masing untuk menyusun perencanaan hingga teknis event, selanjutnya tahap pengggerakkan atau pelaksanaan para panitia melaksanakan tugas masing-masing saat penyelenggaraan event, tahap selanjutnya yakni pengendalian atau pengontrolan dilakukan sudah dilakukan beriringan saat pelaksanaan, dan saat setelah selesai pelaksanaan event. Pada penelitian ini menemukan bahwa event Ngopi di Museum Vol.5 dapat menjadi strategi promosi museum untuk mengingatkan masyarakat terhadap keberadaan museum, dan meningkatkan jumlah pengunjung museum.//yn