Di masa pandemi ini, banyak bidang usaha yang mengalami penurunan bahkan hingga tutup permanen. McDonald’s Kaliurang dikenal sebagai restoran cepat saji yang mampu mempertahankan eksistensinya di masa pandemi berkat strategi komunikasi pemasarannya. Sehingga, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran McDonalds’s Kaliurang dalam meningkatkan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh McDonald’s Kaliurang Yogyakarta menggunakan teori Kotler & Keller yaitu advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), public relations (hubungan masyarakat), personal selling (penjualan secara pribadi), dan direct marketing (pemasaran langsung). Dari strategi komunikasi pemasaran tersebut, didapatkan hasil penelitian bahwasanya sales promotion dan public relations dianggap menjadi strategi yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke level Premium Loyalty. Namun, karena adanya nilai-nilai yang belum tersampaikan kepada masyarakat dan juga strategi baru yang hendak dikembangkan, tingkat loyalitas pelanggan McDonald’s Kaliurang masih berada pada level Latent Loyalty.//yn