Kabupaten Wonogiri memiliki sebuah semboyan atau slogan, yaitu Wonogiri SUKSES. SUKSES merupakan singkatan dari Stabilitas, Undang-undang, Koordinasi, Sasaran, Evaluasi, dan Semangat juang. semboyan tersebut bukan hanya slogan saja, melainkan salah satu strategi komunikasi dalam memberikan gambaran program-program pembangunan berbagai sektor yang dilakukan pihak pemerintah Kabupaten Wonogiri kepada masyarakat luas. Peneltian ini untuk mengetahui lebih lanjut apa saja strategi komunikasi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan berdasarkan Program-program yang dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri khususnya untuk tahun 2019-2020. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi program kehumasan pada pemerintahan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy dan meliputi, (1) Mengenali Sasaran Komunikasi, (2) Menentukan Media Komunikasi, (3) Pengkajian Tujuan Komunikasi, (4) Memahami Sasaran Komunikasi. Responden pada penelitian ini adalah sebanyak 3 orang responden yang dipilih dengan metode purposive sampling, karena responden merupakan orang yang berperan langsung pada uraian tugas bagian PROKOPIM. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi Komunikasi dalam menentukan sasaran komunikasi mereka adalah masyarakat yang memiliki kecenderungan menyenangi hal seperti pesta rakyat (2) Strategi Komunikasi dalam media komunikasi yaitu menggunakan dengan media massa, facebook, instagram, twiter dan instagram, website (3) Tujuan komunikasi yaitu meningkatkan kualitas pelayanan informasi diharapkan mendapatkan pengakuan dari seluruh masyarakat Kabupaten Wonogiri.(4) Kemudian secara garis besar komponen strategi pada setiap program tersebut meliputi masyarakat secara umum, media- media besar tedekat. Hal tersebut dikarenakan PROKOPIM mengharapkan pada akhirnya adalah untuk membentuk citra positif pemerintah daerah.//yn