Film “Buai” merupakan film animasi 3 dimensi yang menceritakan tentang permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir. Dalam animasi berjudul “Buai” ini penulis menitik beratkan penelitian terhadap penerapan teknik pengambilan gambar dalam animasi 3 dimensi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan teknik dalam mengambil gambar yang baik sehingga dapat menciptakan film animasi yang menarik. Dalam proses produksi animasi “Buai” ini penulis menggunakan software Blender 2.83, kemudian penulis menggunakan kamera virtual yang ada dalam Blender 2.83 untuk menerapkan teknik pengambilan gambar. Dalam penerapan teknik pengambilan gambar penulis menggunakan beberapa prinsip yang umum untuk digunakan yaitu penggunaan type of shot, camera angle, dan camera movement. Ketiganya diterapkan dalam situasi yang berbeda tergantung pada situasi yang ada dalam cerita. Dalam penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa untuk menerapkan teknik pengambilan gambar yang baik dan benar dibutuhkan pemahaman terhadap penggunaan type of shot, camera angle, dan camera movement. Sehingga dengan adanya penerapan teknik tersebut pada karya animasi 3 dimensi ini, dapat menciptakan sebuah film animasi yang jauh lebih menarik dan cerita yang ingin disampaikan dapat lebih mudah diterima.//yn