Skripsi

Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat Dalam Pembentukan Citra Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Abstraksi
Di era kompetisi ini, Pemda DIY ingin memiliki citra dan reputasi yang baik. Dengan segala potensi yang dimiliki, Pemda DIY melakukan pengelolaan citra merek dengan harapan dapat memberikan efek emosional positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi yang Humas Pemda DIY lakukan untuk pembentukan citra positif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi yang Humas Pemda DIY lakukan dalam pembentukan citra positif mengacu pada teori strategi komunikasi milik Onong uchjana Effendy. Strategi komunikasi Humas pemda DIY meliputi empat langkah, yaitu mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi, dan peranan komunikator dalam komunikasi. Empat langkah tersebut dilakukan untuk mempublikasikan kegiatan Pemda DIY. Humas Pemda DIY selalu membangun komunikasi yang baik dengan seluruh publiknya, agar citra Pemda DIY tetap positif. Citra positif dapat dilihat dari perilaku simpati, sedangkan citra negatif dilihat dari sikap antipati masyarakat. Indikator penilaian sebuah citra menurut Sutojo dilihat dari sekumpulan kesan (impressions), kepercayaan (beliefs), dan sikap (attitudes), yang ada didalam benak khalayak. Menurut hasil penelitian yang sudah dilakukan, Pemda DIY dapat dikatakan memiliki citra yang positif dimata khalayaknya.//yn
Seri
Catatan
umbangan dari alumni STMM lulus Tahun 2021, an. Aulia Andiriyantika, PS. MIK, skripsi diterima tanggal 16-09-2021, sebanyak 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023894 188/201-MIK/21 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Aulia Andiriyantika Penulis
No Subyek
1 HUMAS PEMERINTAH DI D.I. YOGYAKARTA
No Kata Kunci
1 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
2 HUBUNGAN MASYARAKAT
3 PEMBENTUKAN CITRA
4 PEMERINTAH DAERAH
5 STRATEGI KOMUNIKASI
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota TerbitYogyakarta
Tahun2021
Call Number659.20959827 AUL s
Kolasixv+129 hlm.; 21,5x29,5 cm.; illus.
Edisi
BibliografiAda
Halaman92
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali