Komunikasi merupakan unsur penting dalam kehidupan yang tidak semuanya menggunakan lisan. Komunikasi terbagi atas verbal dan non verbal. Seperti siswa kelas x tunarungu Sekolah Luar Biasa Gorontalo yang menjadi subjek penelitian ini, berkomunikasi secara non verbal. Penelitian ini berfokus pada model komunikasi interpersonal selama pembelajaran di kelas x tunarungu SLB Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni adanya model komunikasi interpersonal selama pembelajaran yang dilandasi dengan enam indikator proses komunikasi interpersonal. Berdasarkan penelitian dilapangan, hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sebagai bentuk keinginan dalam berkomunikasi 2) Guru menyampaikan materi menggunakan simbol-simbol seperti bahasa isyarat di kemas dalam SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), 3) Siswa yang memahami materi memberikan umpan balik kepada guru melalui mimik wajah dan simbol OK, 4) Media yang digunakan untuk penyampaian pesan yaitu papan tulis, kertas agar memudahkan siswa memahami ucapan-ucapan dari guru selama pembelajaran berlangsung. 5) Penerimaan pesan diterima oleh siswa dapat dilihat dari ekspresi wajah mereka seperti sedang mencerna apa yang diberikan oleh guru.//yn