Skripsi penciptaan karya
yang berjudul Segmentasi penonton dalam program dokumenter televisi “Sudut
Nusantara Episode Wanita-wanita Tangguh di Antara Jurang” ini bertujuan untuk
memproduksi program dokumenter untuk disiarkan melalui strategi produser dengan
menggunakan segmentasi penonton. Program ini bercerita tentang ketangguhan
wanita yang hidup di desa terpencil dan terisolir. Produksi program ini telah
diproduksi dipimpin langsung oleh produser dengan menggunakan tahapan pra
produksi hingga pascaproduksi yang telah disesuaikan dengan target penonton
melalui strategi penonton agar sesuai dengan sasarannya. Melalui segmentasi
penonton, diharapkan mampu memberikan tayangan yang sesuai dengan target yang
direncanakan, memfokuskan segmentasi demografi yang meliputi usia, jenis
kelamin, pendidikan dan pendapatan. Semua informasi dan data yang diperoleh
melalui studi pustaka, wawancara dan riset ke lokasi. Produksi Program ini
menerapkan teori Planning, Organizing,
Actuating dan Controling sehingga
memudahkan penulis sebagai produser dalam penyusunan karya. Penciptaan karya
ini telah selesai diproduksi dan diunggah di youtube dan mendapatkan respon
yang positif, penulis juga mendapatkan data penonton berdasarkan segmentasi
yang ditentukan melalui google form. Hasilnya yaitu program tersebut ditonton
oleh orang dengan usia 13-35 tahun, lebih didominasi oleh penonton yang
berjenis kelamin perempuan, berjenjang pendidikan minimal Sekolah Menengah
Pertama (SMP) dan berpendapatan lebih dari Rp 3.000.000. //ir