Strategi pemasaran
merupakan salah satu tugas produser yang dilakukan agar program diketahui oleh
masyarakat. Pada skripsi ini penulis melakukan pemasaran melalui pendekatan
promosi media sosial. Promosi merupakan kegiatan mengomunikasikan suatu produk
kepada pasar sasaran untuk memberikan informasi tentang keistimewaan, kegunaan
dan keberadaannya, sehingga mengubah sikap seseorang untuk bertindak. Tujuan
penciptaan skripsi ini adalah untuk memasarkan program dokumenter “Sang
Penggerak” episode “Di Balik Pawon Gendis” melalui pendekatan promosi. Program
ini memberikan informasi mengenai kisah kegigihan Ibu Dwi dalam mengembangan
Kelompok wanita tani Pawon Gendis yang berlokasi di Kulon Progo. Proses
pengumpulan informasi dalam pembuatan program ini dilakukan dengan observasi
dan wawancara. Program dokumenter ini dibuat melalui tahap pra produksi,
produksi, pasca produksi dan penayangan. Promosi program ini dilakukan dengan
cara mengunggah poster dan cuplikan program melalui media sosial Instagram, Twitter
dan Whatsapp. Pada skripsi ini terdapat empat unsur dalam bauran pemasaran yang
diukur menggunakan skala likert, yaitu Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi.
Pemasaran melalui promosi media sosial ini sudah memenuhi setiap 2 unsur dalam
bauran pemasaran. Pemasaran melalui media sosial efektif untuk dilakukan karena
telah mendapatkan 60 orang penonton sesuai dengan target yang ditentukan.
Kemudian untuk melakukan promosi lebih efektif menggunakan media sosial
Instagram dan Twitter jika dibandingkan media Whatsapp. //ir