Kehidupan anak muda
sekarang cenderung “gila” bekerja bahkan menjadi ketagihan bekerja
(workaholic). Di tengah cara bekerja yang padat dan kadang mendapat tekanan
dari pekerjaan, para pekerja muda ini membutuhkan self healing di sela-sela
sedikit waktu senggangnya. Skripsi penciptaan karya produksi program magazine
show televisi Picnic Holic bertujuan menciptakan program yang diproduksi dengan
biaya yang rendah tanpa mengurangi segi kualitas program sehinga tetap
informatif dan menginspirasi penonton, dengan strategi kolaboratif menggunakan
metode negosiasi dengan para penyedia sumber daya. Program menginformasikan
tentang aktivitas yang dapat dilakukan para workaholic ketika berlibur. Dalam
memproduksi program ini penulis menerapkan strategi kolaborasi dengan tujuan
menekan anggaran biaya produksi. Selanjutnya, dengan strategi kolaborasi
penulis melakukan teknik negosiasi dengan model Greenhalgh yang dilakukan dalam
tujuh tahapan yaitu persiapan, pembinaan hubungan, pengumpulan informasi,
penggunaan informasi, penawaran, penutupan penawaran dan menerapkan
kesepakatan. Hasil riset disusun dalam bentuk desain produksi termasuk hasil
proses negosiasi yang dilakukan. Meski memerlukan waktu, model ini berhasil
menekan biaya produksi yang dikeluarkan dengan perjanjian yang telah
ditentukan. //ir