Teknologi Permainan Media
merupakan sebuah perantara yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi
atau pesan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan hasil belajar. Banyak jenis
media yang digunakan dalam proses belajar. Salah satu media yang digunakan
dalam belajar adalah game sebagai media edukasi atau di sebut game edukasi.
Game edukasi adalah permainan yang dibentuk untuk mengasah daya pikir termasuk
meningkatkan konsentrasi dan pemecahan suatu masalah. Game edukasi dapat
memberikan pemain untuk belajar sambil bermain dan dapat memberikan umpan
balik. Pada penciptaan game “Elephant in Rescue”, penting untuk memuat cerita
yang bersifat edukasi ke dalam game dengan genre puzzle dan target pemain
berusia 12 tahun ke atas. Selain itu, memberikan pelajaran/edukasi tentang
pentingnya melestarikan satwa khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way
Kambas Lampung. Proses pembuatan pada game ini diawali dengan melakukan riset
dan analisis data terhadap permainan Elephant in Rescue dan referensi-referensi
yang diambil dari game lain. Melalui hasil testing game, 40% responden sangat
setuju bahwa pemahaman tentang melestarikan satwa khususnya gajah yang berada
di Taman Nasional Way Kambas Lampung yang berusaha diangkat melalui Game
Elephant in Rescue, dan 24% setuju bahwa pemahaman tentang melestarikan satwa
khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung yang berusaha
diangkat melalui Game Elephant in Rescue. 60% responden menyatakan setuju dalam
unsur edukasi yang disajikan dalam game Elephant in Rescue dan 56% responden
menyatakan setuju dalam penerapan cerita di dalam game ini sudah tepat.
Berdasarkan hasil pengujian pada responden dapat disimpulkan bahwa penerapan
cerita dan edukasi tentang pentingnya melestarikan satwa khususnya gajah yang
berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung dapat tersampaikan dengan baik
sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya. //ir