Skripsi

Implementasi Desain Story Penciptaan Game "Elephant in Rescue"

Abstraksi
Teknologi Permainan Media merupakan sebuah perantara yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan hasil belajar. Banyak jenis media yang digunakan dalam proses belajar. Salah satu media yang digunakan dalam belajar adalah game sebagai media edukasi atau di sebut game edukasi. Game edukasi adalah permainan yang dibentuk untuk mengasah daya pikir termasuk meningkatkan konsentrasi dan pemecahan suatu masalah. Game edukasi dapat memberikan pemain untuk belajar sambil bermain dan dapat memberikan umpan balik. Pada penciptaan game “Elephant in Rescue”, penting untuk memuat cerita yang bersifat edukasi ke dalam game dengan genre puzzle dan target pemain berusia 12 tahun ke atas. Selain itu, memberikan pelajaran/edukasi tentang pentingnya melestarikan satwa khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung. Proses pembuatan pada game ini diawali dengan melakukan riset dan analisis data terhadap permainan Elephant in Rescue dan referensi-referensi yang diambil dari game lain. Melalui hasil testing game, 40% responden sangat setuju bahwa pemahaman tentang melestarikan satwa khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung yang berusaha diangkat melalui Game Elephant in Rescue, dan 24% setuju bahwa pemahaman tentang melestarikan satwa khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung yang berusaha diangkat melalui Game Elephant in Rescue. 60% responden menyatakan setuju dalam unsur edukasi yang disajikan dalam game Elephant in Rescue dan 56% responden menyatakan setuju dalam penerapan cerita di dalam game ini sudah tepat. Berdasarkan hasil pengujian pada responden dapat disimpulkan bahwa penerapan cerita dan edukasi tentang pentingnya melestarikan satwa khususnya gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas Lampung dapat tersampaikan dengan baik sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya. //ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbangan Afif Al Amin mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2022 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000024920 112/122-TP/2022 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Afif Al Amin Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER - PUZZLE - PELESTARIAN GAJAH
No Kata Kunci
1 DESAIN STORY
2 ELEPHANT IN RESCUE
3 PENCIPTAAN GAME
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2022
Call Number005.5 7937 5996 AFI i
Kolasixv+75 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman73
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali