Aplikasi multimedia
interaktif memegang peran yang sangat penting sebagai media informasi,
sosialisasi, serta edukasi. Video games sebagai bagian dari aplikasi digital
interaktif juga memiliki peluang untuk menjadi media pembelajaran yang efektif
apabila dirancang dengan tepat. Perancangan gim “Weapon Of Nusantara” memiliki
tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenal senjata
perang tradisional Indonesia setidaknya dengan bentuk umum dari tiap senjata.
Konsep dari karya ini menggunakan metode quiz untuk mengimbau pemain untuk
mengenal senjata tradisional Indonesia. Metode penciptaan aset meliputi aset
visual, audio, serta coding bahasa pemrograman C# menggunakan media software
komputer. Tahapan penciptaan berupa tahap praproduksi, produksi serta
pascaproduksi. Karya penciptaan produksi game “Weapon Of Nusantara” memakai
referensi beberapa hutan yang ada di Indonesia sebagai desain Environment yang
digunakan pada gameplay tiap levelnya masih hanya memiliki pertanyaan untuk
daerah Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Mengambil genre
casual 3 dimensional(3D) platformer, serta berbagai environment yang meliputi 3
hutan yang ada di Indonesia meliputi, Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera,
Tanjung Putting Kalimantan, Taman Nasional Lorrentz Papua. Hasil akhir dari
tahap penciptaan berupa aplikasi interaktif dalam bentuk video game untuk
perangkat smartphone berbasis Android. Berdasarkan data yang diperoleh dari
beberapa subjek maka rancangan dari gim “Weapon Of Nusantara” untuk level,
mekanik serta environment dinyatakan berhasil serta sukses dikarenakan telah
terealisasinya gim “Weapon Of Nusantara” ini. //ir