Skripsi

Penciptaan Game Puzzle "Enigma"

Abstraksi
Berpikir kritis merupakan soft skills yang berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir logis sehingga menghasilkan pertimbangan dan keputusan yang tepat. Untuk dapat menyadari bahwa berpikir kritis itu penting perlu adanya stimulasi yang membuat otak untuk berpikir, contohnya dengan memainkan game teka-teki/puzzle. Penciptaan game puzzle ENIGMA sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Dalam proses penciptaannya dilakukan riset secara pustaka yakni dengan mengumpulkan data mengenai permasalahan berpikir kritis dari buku, jurnal, maupun laporan hasil penelitian. Tahapan selanjutnya dalam pengolahan data yang sudah di dapatkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah konsep permainan yang sesuai dengan permasalahan. Konsep diawali dengan bagaimana bentuk game akan dibuat. Konsep tersebut terdiri atas beberapa hal diantaranya adalah character, obstacle, dan win-lose condition. Hal tersebut memiliki elemen yang membentuk sebuah gameplay yaitu asset. Pada asset terdiri beberapa hal diantaranya environment, sound, serta user interface. Melalui hasil testing game mendapatkan rata - rata rating sebesar 84,7/10 dan 61,9% pemain menyatakan lumayan, 33,3% cukup, dan ada 4,8 % yang merasa lebih sangat berpikir ritis. //ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbangan Noferio Sandy Surya Nugraha mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2022 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000024964 125/135-TP/2022 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Noferio Sandy Surya Nugraha Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER - PUZZLE - BERPIKIR KRITIS
No Kata Kunci
1 ENIGMA
2 PENCIPTAAN GAME PUZZLE
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2022
Call Number005.5 793 7 155 3 NOF p
Kolasixi+59 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman59
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali