Berpikir kritis merupakan
soft skills yang berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan
memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir logis sehingga menghasilkan
pertimbangan dan keputusan yang tepat. Untuk dapat menyadari bahwa berpikir
kritis itu penting perlu adanya stimulasi yang membuat otak untuk berpikir, contohnya
dengan memainkan game teka-teki/puzzle. Penciptaan game puzzle ENIGMA sendiri
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Dalam proses
penciptaannya dilakukan riset secara pustaka yakni dengan mengumpulkan data
mengenai permasalahan berpikir kritis dari buku, jurnal, maupun laporan hasil
penelitian. Tahapan selanjutnya dalam pengolahan data yang sudah di dapatkan
sebelumnya untuk dijadikan sebuah konsep permainan yang sesuai dengan
permasalahan. Konsep diawali dengan bagaimana bentuk game akan dibuat. Konsep
tersebut terdiri atas beberapa hal diantaranya adalah character, obstacle, dan
win-lose condition. Hal tersebut memiliki elemen yang membentuk sebuah gameplay
yaitu asset. Pada asset terdiri beberapa hal diantaranya environment, sound,
serta user interface. Melalui hasil testing game mendapatkan rata - rata rating
sebesar 84,7/10 dan 61,9% pemain menyatakan lumayan, 33,3% cukup, dan ada 4,8 %
yang merasa lebih sangat berpikir ritis. //ir