Website “Olahan Ubi Ungu
Srambang” merupakan bentuk konvergensi media di bidang kuliner dengan tujuan
untuk menyebarluaskan usaha kecil menengah agar tetap mengikuti trend yang ada.
Pembuatan website “Olahan Ubi Ungu Srambang” terdiri dari tiga tahapan yaitu
perancangan, pengembangan dan pengujian. Proses perancangan website meliputi
penentuan dan pengelompokan konten yang akan dimasukkan ke dalam website,
membuat sitemap, desain layout website, menentukan warna dan jenis font. Proses
pengembangan website dibuat menggunakan media Wix.com dengan menerapkan prinsip
usability dengan aspek learnability, satisfaction dan menggunakan metode
wawancara dengan pihak rumah produksi terkait dengan deskripsi dari konten,
cerita sejarah terbentuknya rumah produksi yang menjadi konten untuk website.
Proses pengujian terdiri dari dua aspek yaitu learnability dan satisfaction,
dimana proses pengujian menggunakan metode black box dengan 32 pertanyaan dan
responden yang berjumlah 22 orang, mendapatkan hasil keseluruhan sebanyak
99,86% setuju dan 0,14% tidak setuju, hasil tidak setuju terletak pada
pertanyaan apakah tombol enter site pada website dapat ditekan atau tidak
selebihnya responden menyetujui pertanyaan yang tersedia. Pengembangan
konvergensi media berbasis website ini mencapai hasil yang sesuai dengan
keinginan pengguna, yaitu website kuliner yang memiliki informasi singkat namun
jelas, sistem navigasi yang mudah serta terintegrasi dengan sosial media
facebook, youtube dan instagram. //ir