Peranan pencahayaan
sangatlah penting, karena dapat membantu menggambarkan sebuah feel dan atmosfer
yang ada di dalam sebuah produksi video. Namun sering mendapat kendala baik
dari keterbatasan alat, lokasi produksi, keterbatasan sumber listrik, dan
personil kru. Keterbatasan tersebut tidak menjadikan sebuah halangan, namun
menjadikan sebuah tantangan pada produksi program feature televisi “youth –
special school headmaster”. Ide dan tujuan yang digunakan pada program feature
televisi “youth – special school headmaster” ini memanfaatkan natural lighting
dan motivated lighting yang dapat memberikan hasil pencahayaan yang baik dengan
menggunakan alat yang terbatas, dan mendapatkan dimensi serta menciptakan
suasana yang tepat. Program feature televisi “youth-Special School Headmaster”
bertujuan menciptakan karya program yang memiliki pencahayaan yang baik
sehingga setiap scene tercipta suasana dan dimensi yang baik dengan menerapkan
natural lighting dan motivated lighting. Sebagai seorang penata cahaya dapat
menciptakan suatu dimensi terhadap objek yang terkena cahaya. Pencahayaan yang
digunakan pada saat produksi karya ini menggunakan teknik three point of
lighting dengan menerapkan pencahayaan natural lighting dan motivated lighting.
Three point of lighting terdiri dari key lighting, fill lighting, dan back
lighting cahaya yang dihasilkan dapat memberikan kesan three-dimensional,
sehingga objek memiliki kesan dimensi dan suasana yang dihasilkan dari objek
yang terkena cahaya. Melalui produksi tugas akhir pembuatan karya program
feature ini dat menambah wawasan lebih terutama dalam penataan cahaya dari
hal-hal yang tidak terduga. Dalam produksi program feature ini harapannya dapat
memberikan manfaat dan motiovasi kepada penonton. //ir