Produksi karya indepth
reporting berjudul “ekspos” mengeruk emas menimbun cemas merupakan suatu karya
yang membahas mengenai Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang mana
Pertambangan Emas Tanpa Izin ini menimbulkan dampak lingkungan dan sosial. Oleh
karena itu penulis ingin mengangkat ke dalam suatu karya indepth reporting.
Indepth reporting merupakan suatu laporan yang mendalam tentang suatu objek
mengenai kepentingan khalayak dan layak diketahui umum. Dalam produksi karya
indepth repoting ini teknik kamera angle yang digunakan oleh penulis dalam
karya indepth reporting ini menggunakan teknik kamera angle high angle, eye
level, dan low angle. Teknik kamera angle high angle merupakan teknik kamera
angle yang menggambarkan sudut pengambilan gambar dari ketinggian dari objek
yang direkam. Motivasi sudut pengambilan ini, memperlihatkan lingkungan yang
luas dari atas ketinggian. Pada teknik kamera angle high angle ini menggunakan
drone untuk bisa memperlihatkan lingkungan yang luas dari atas ketinggian.
Teknik kamera angle eye level merupakan teknik kamera angle yang sudut
pengambilan gambarnya yang normal, Posisi kamera sejajar dengan objek dan
menunjukkan terlihat wajar dan apa adanya. Teknik kamera angle low angle
merupakan teknik kamera angle yang kameranya ditempatkan lebih rendah dari
objek atau orang. Hasil gambarnya menunjukkan lebih tinggi, kuat, dominan.
Tujuan dalam pembuatan karya indepth reporting ini adalah untuk menciptakan
sesuatu yang informatif dan menerapkan berbagai sudut pandang kamera (kamera
angle) seperti teknik kamera angle high angle, eye level, dan low angle.
Melalui proses produksi tugas akhir pembuatan karya indepth reporting ini
penulis dapat menambah wawasan dan pengalaman lebih, terutama dalam hal
pengambilan suatu gambar dari hal - hal yang tidak terduga ataupun harus adanya
improvisasi dalam setiap produksi yang berlangsung, serta mendapat pengalaman
pembuatan suatu karya produksi yang sedikit sensitif. Dalam produksi indepth
reporting ini dibuat harapannya dapat memberikan manfaat kepada pembaca. //ir