Skripsi dengan judul "Strategi Bagian Humas Kabupaten Sleman Dalam Pelayanan Informasi Publik", ini ditulis oleh Yurmita Herawati. Penulis berpendapat bahwa Informasi Publik merupakan hak dasar yang mesti dipenuhi oleh lembaga publik untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Ketika dikemas sememikian rupa akan dapat mendukung berkembangnya partisipasi publik dan hubungan yang ideal antara masyarakat dengan aparatur pemerintah. Publik memiliki hak untuk tahu tentang informasi dan pemerintah memiliki kewajiban untuk memberitahukan kepada warganya. Pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Bagian Humas Kabupaten Sleman merupakan sesuatu yang wajib dijalankan sebagaimana yang dimaksud dalam UU KIP. Penelitian ini mendiskripsikan strategi-strategi yang dapat dilakukan oleh Bagian Humas Kabupaten Sleman dalam mengoptimalkan pelayanan informasi publik. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Bagian Humas Kabupaten Sleman terkait dengan pelayanan informasi publik dari berbagai sisi, baik kelembagaan, sumber daya manusia, mekanisme maupun sarana prasarana. Dari hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya dianalisa secara deskripsi dan kemudian disimpulkan. Bagian Humas Kabupaten Sleman dalam memberikan pelayanan informasi masih belum tersistematis dan belum optimal. Hal ini dikarenakan berbagai hambatan seperti kelembagaan PPID yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Selain itu sumber daya manusia yang berkompenten di bidang pelayanan informasi juga masih kurang, serta sarana prasarana yang dimiliki belum cukup memadai. Bagian Humas tetap berupaya untuk memberikan pelayanan informasi publik semaksimal mungkin dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada saat ini. Selain itu, keberadaan PPID Pembantu di tingkat Kecamatan, Desa serta KIM sebagai kepanjangantangan pemerintah dapat diberdayakan dalam pelayanan informasi publik.//yeni